Bagaimana Pengelolaan Kekayaan Alam Yang Terkandung Di Wilayah Negara Indonesia

Bagaimana Pengelolaan Kekayaan Alam Yang Terkandung Di Wilayah Negara Indonesia?

Apa itu kekayaan alam

Dikutip dari situs Wikipedia Kaya sumber daya alam atau bisa juga disebut sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Kutipan dari situs: Sumber Daya Alam (SKA)/Sumber Daya Alam (SDA) adalah kekayaan berupa benda mati dan benda hidup yang ada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Manfaat sumber daya alam yang kaya

Sumber energi dan bahan bakar, misalnya minyak bumi. Pembangkit listrik, seperti minyak dan sinar matahari. Memenuhi kebutuhan manusia dan hewan, misalnya hewan dan tumbuhan. Untuk tempat tinggal misalnya pepohonan.

Berapa banyak sumber daya alam yang ada?

Sumber daya alam secara umum dibagi menjadi dua: biotik/hayati dan abiotik/non-hayati. Beberapa contoh sumber daya alam biotik adalah tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme. Sedangkan contoh sumber daya alam abiotik antara lain air, logam, sinar matahari, tanah, batuan, minyak, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mengapa Manusia Perlu Berkompetisi Dan Berkolaborasi

Bagaimana cara mengelola sumber daya alam yang terdapat di wilayah Indonesia

Pengelolaan sumber daya alam diatur dalam alinea ke-3 Pasal 33 UUD 1945, yaitu tanah, air, dan kekayaan alam yang dikandungnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Pertanyaan:

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa negara berhak menguasai sumber daya alam Indonesia. Bagaimana pengelolaan sumber daya alam di wilayah Indonesia?

Membalas:

Bagaimana Pengelolaan Kekayaan Alam Yang Terkandung Di Wilayah Negara Indonesia – Pengelolaan sumber daya alam yang berada di wilayah Indonesia diatur dalam Pasal 33 UUD 1945 yang menyatakan bahwa tanah, air, dan sumber daya alam yang berada di wilayah Indonesia dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Pengelolaan sumber daya alam dilakukan dengan prinsip keberlanjutan dan kesinambungan serta bertujuan untuk menjamin kesejahteraan masyarakat.

Negara memberikan kewenangan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk mengelola sumber daya alam tersebut. Selain itu, pengelolaan sumber daya alam dilakukan dengan memperhatikan aspek lingkungan hidup dan kelestarian sumber daya alam. Untuk itu telah dibentuk lembaga-lembaga seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Geologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika yang bertugas mengatur dan mengawasi pengelolaan sumber daya alam.

Pengelolaan sumber daya alam juga diatur dalam undang-undang seperti UU Pertambangan dan Pertambangan Batubara Nomor 4 Tahun 2009, UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Nomor 32 Tahun 2009, dan UU Pencegahan dan Pengelolaan Nomor 18 Tahun 2013.

Bagaimana Pengelolaan Kekayaan Alam Yang Terkandung Di Wilayah Negara Indonesia – Dalam pengelolaan sumber daya alam, negara juga memperhatikan hak masyarakat adat dan hak masyarakat lokal untuk mengelola sumber daya alam yang berada di wilayahnya. Selain memberikan perhatian pada permasalahan lingkungan hidup dan kelestarian sumber daya alam, negara juga memberikan hak kepada masyarakat adat untuk mengelola sumber daya alam di wilayah adatnya.

Tinggalkan komentar