Cara Memasukkan Jurnal Ke Sinta

Cara Memasukkan Jurnal Ke Sinta – Halo! Apakah Anda ingin memasukkan jurnal ke Sinta dan tidak tahu bagaimana caranya? Jika iya, maka artikel ini cocok untuk Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap dan detail tentang cara memasukkan jurnal ke Sinta. Simak terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Apa itu Sinta?

Sinta (Science and Technology Index) adalah sebuah database yang berisi informasi tentang jurnal, peneliti, dan lembaga riset di Indonesia. Sinta dibuat oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas riset di Indonesia.

Keuntungan Memasukkan Jurnal Ke Sinta

Ada beberapa keuntungan jika Anda berhasil memasukkan jurnal Anda ke dalam Sinta. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mendapatkan pengakuan dan reputasi dari komunitas akademik di Indonesia.
  • Meningkatkan kredibilitas dan visibilitas jurnal Anda di Indonesia.
  • Memudahkan pengelolaan dan pemantauan riset yang dilakukan di Indonesia.
  • Mendapatkan akses ke beberapa program penelitian dan sumber daya dari Kemenristekdikti.

Syarat Memasukkan Jurnal Ke Sinta

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk memasukkan jurnal ke Sinta. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Jurnal harus terbit secara berkala dengan frekuensi minimal 2 kali setahun.
  2. Jurnal harus memiliki ISSN (International Standard Serial Number) yang terdaftar di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).
  3. Jurnal harus memiliki anggota redaksi yang berasal dari lembaga perguruan tinggi atau lembaga penelitian yang diakui oleh Kemenristekdikti.
  4. Jurnal harus memiliki proses peer-review yang memenuhi standar akademik.
  5. Jurnal harus memiliki informasi yang jelas dan terbuka tentang proses penerbitan dan biaya publikasi.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Scopus

Cara Upload Jurnal Di Sinta

Sistem Nasional Terindeks (SINTA) merupakan sebuah platform yang memungkinkan peneliti dan akademisi di Indonesia untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka secara online dan memperoleh akreditasi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Salah satu cara untuk mendapatkan akreditasi di SINTA adalah dengan memasukkan jurnal ke dalam sistem. Berikut adalah langkah-langkah cara upload jurnal di SINTA.

1. Persiapkan dokumen-dokumen penting

Sebelum memulai proses upload jurnal di SINTA, pastikan bahwa dokumen-dokumen yang diperlukan sudah siap, yaitu:

  • Naskah jurnal lengkap
  • Surat pernyataan asli dari penulis dan co-author yang menyatakan bahwa artikel tersebut merupakan hasil karya asli dan belum dipublikasikan di media manapun serta tidak sedang dalam proses review di jurnal lain
  • Surat izin penerbitan asli dari pihak institusi atau penerbit jika artikel telah dipublikasikan di media lain
  • Surat rekomendasi dari lembaga penjamin mutu (jika ada)

2. Buat akun di SINTA

Jika Anda belum memiliki akun di SINTA, langkah pertama adalah membuat akun terlebih dahulu. Kunjungi situs resmi SINTA dan klik tombol “Daftar” di sudut kanan atas halaman. Isilah formulir pendaftaran dengan data diri yang lengkap dan benar. Setelah mendaftar, verifikasi akun Anda melalui email.

3. Login ke akun SINTA

Setelah berhasil membuat akun di SINTA, masuk ke akun Anda menggunakan username dan password yang sudah terdaftar.

4. Isi formulir upload jurnal

Setelah berhasil login, klik tombol “Upload Jurnal” pada halaman awal SINTA. Kemudian, isi formulir upload jurnal dengan data-data yang diperlukan, seperti judul jurnal, kategori jurnal, abstrak jurnal, dan informasi penulis. Pastikan Anda mengisi data dengan benar dan lengkap agar memudahkan proses verifikasi.

5. Unggah dokumen-dokumen penting

Setelah mengisi formulir upload jurnal, unggah dokumen-dokumen penting seperti naskah jurnal, surat pernyataan, surat izin penerbitan, dan surat rekomendasi (jika ada) dalam format pdf atau word.

6. Submit artikel

Setelah mengisi semua data dan mengunggah dokumen-dokumen penting, klik tombol “Submit” untuk mengajukan artikel ke SINTA. Artikel Anda akan segera diperiksa oleh tim verifikasi di SINTA dan dalam waktu yang singkat Anda akan menerima notifikasi apakah artikel Anda diterima atau tidak.

Baca Juga: Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus

Cara Memasukkan Jurnal Ke Sinta

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memasukkan jurnal ke Sinta:

1. Registrasi Akun Sinta

Langkah pertama adalah membuat akun di portal Sinta. Registrasi dapat dilakukan di https://sinta.ristekbrin.go.id/account/register.

2. Input Data Jurnal

Setelah mendaftar dan masuk ke akun Sinta, selanjutnya Anda harus menginput data jurnal Anda. Beberapa informasi yang harus diinput antara lain judul jurnal, ISSN, dan informasi mengenai penerbit dan anggota redaksi. Pastikan informasi yang diinput akurat dan lengkap.

3. Unggah Artikel dan Informasi Terkait

Setelah input data jurnal selesai, selanjutnya Anda harus mengunggah beberapa artikel terbaru yang telah diterbitkan di jurnal tersebut. Selain itu, Anda juga harus mengunggah informasi terkait seperti kebijakan penerbitan dan proses review.

4. Tunggu Proses Verifikasi

Setelah data dan informasi terkait sudah diunggah, selanjutnya jurnal Anda akan diverifikasi oleh tim Sinta. Proses verifikasi biasanya memakan waktu sekitar 1-2 bulan.

5. Revisi dan Verifikasi

Setelah Anda selesai melakukan langkah-langkah di atas, Anda perlu menunggu proses verifikasi dan revisi dari tim SINTA. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa minggu hingga bulan tergantung pada jumlah jurnal yang masuk. Jika jurnal Anda tidak lolos verifikasi, maka tim SINTA akan memberikan catatan tentang apa yang perlu diperbaiki.

Jika jurnal Anda lolos verifikasi, maka jurnal Anda akan dipublikasikan di SINTA. Setelah itu, Anda dapat menggunakan informasi jurnal Anda yang terdaftar di SINTA sebagai salah satu referensi dalam melamar pendanaan penelitian, promosi, dan penilaian kinerja.

Kesimpulan

Mempublikasikan jurnal ke dalam SINTA sangat penting bagi para peneliti untuk meningkatkan kredibilitas penelitian dan pengakuan dari publik. Namun, memasukkan jurnal ke dalam SINTA membutuhkan waktu dan usaha yang cukup banyak. Oleh karena itu, pastikan Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan mengikuti panduan yang telah disediakan oleh tim SINTA. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa jurnal Anda lolos verifikasi dan terdaftar di SINTA.

Tinggalkan komentar