Sebuah Drum Besi Dapat Mengapung Di Dalam Air Disebabkan Oleh

Sebuah Drum Besi Dapat Mengapung Di Dalam Air Disebabkan Oleh – Beberapa benda dapat mengapung di air karena massa jenisnya lebih rendah dibandingkan air. A. drum Besi dapat mengapung di air karena massanya lebih kecil dan luas penampang drumnya besar.

Meskipun tong besi termasuk benda yang berat, namun ternyata dapat mengapung saat berada di dalam air. Hal ini disebabkan oleh hukum Archimedes yang memungkinkan penghitungan gaya apung suatu benda yang terendam sebagian atau seluruhnya dalam cairan.

Baca Juga: Jelaskan 5 Upaya Pemanfaatan Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian

Mengapa Tong Besi Bisa Terapung Di Air?

Kutipan dari buku Xplore Ulangan Harian SMP/MTS Kelas 8 Oleh Tim Foton Edukasi (2020:213), sebuah tong besi bisa mengapung di dalamnya cuaca Karena berat jenis drum lebih kecil dari berat jenis air.

Prinsip daya apung ini didasarkan pada hukum Archimedes. Hukum Archimedes sendiri menyatakan bahwa suatu benda akan mengapung jika massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis zat cair.

Prinsip ini menyatakan bahwa suatu benda yang terendam atau terendam sebagian dalam suatu zat cair (misalnya air) akan mengalami gaya apung yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut. Jika berat zat cair yang dipindahkan lebih besar dari berat benda maka benda akan terapung.

Gaya apung pada tong besi terjadi karena massa jenis efektif tong besi lebih rendah dibandingkan massa jenis air. Hal ini mungkin disebabkan oleh adanya ruang hampa di dalam drum atau udara yang terperangkap di dalamnya.

Atau karena bahan drum besi yang digunakan lebih ringan dibandingkan air. Akibatnya berat tong besi akan lebih kecil dari berat air yang dipindahkannya, sehingga tong besi tersebut akan terapung.

Jadi sebuah tong besi dapat mengapung di air karena massa jenisnya lebih kecil dari air. Hal ini dikarenakan sebagian besar ruang drum besi terisi udara sehingga volume udara di dalam drum besi menjadi lebih dominan.

Seperti diketahui, massa jenis udara lebih kecil dibandingkan massa jenis air. Oleh karena itu, gaya apung cuaca Besi yang terperangkap di dalam drum cukup besar untuk mendorong drum ke atas dan mengapung di permukaan air.

Oleh karena itu, perdebatan mengapa tong besi bisa mengapung di air bermula dari perbedaan massa yang menimbulkan daya apung.

Publikasijurnalnasional.com

Tinggalkan komentar